Suku Korowai Papua, Harus Meninggal Karena Sakit Di “Lumbung Emas”

Kabarsmart.com, Papua – Meskipun diklaim sebagai salah satu provinsi yang bergelimang harta kekayaan alamnya, sektor kesehatan di Tanah Papua hingga saat ini masih menjadi salah satu yang terburuk.

Terbukti dengan puluhan jiwa dari suku korowai yang berdiam di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua meninggal dunia hanya karena sakit yang tak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi Papua.

“Setiap tahun ada sekitar 60 orang meninggal dari suku Korowai akibat sakit yang tidak pernah mendapat pelayanan kesehatan,” ucap Ketua Tim Peduli Kesehatan dan Pendidikan (TPKP) Rimba Papua, Norberd Kemi Bobii, Rabu (29/03/2017).

Disinggung soal buruknya pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Mappi terutama yang menimpa suku korowai, Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloisius Giyai menyatakan bahwa memang dalam beberapa tahun terakhir ini ditemukan angka kematian karena sakit di wilayah Kabupaten Mappi sangat tinggi.

Pelayanan kesehatan yang belum maksimal juga menurutnya dikarenakan oleh beberapa faktor, infrastruktur salah satunya. Suku Korowai merupakan salah satu suku yang hingga saat ini masih terisolir dan paling banyak menghabiskan hidup mereka di atas pohon sejak ditemukan sekitar tiga puluh tahun yang lalu.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment