Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siapkan Pedoman Pendakian “Bebas Sampah”

Kabarsmart.com – Mengatasi permasalahan sampah yang saat ini terjadi di kawasan pegunungan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapkan pedoman pendakian bersih sampah. Pedoman pendakian yang disusun bersama dengan sejumlah komunitas ini rencananya akan dikeluarkan pada tahun 2017 ini.

Hal tersebut diutarakan oleh Ujang Solihin Sidik selaku Kepala Subdirektorat Barang dan Kemasan KLHK. Saat ini, proses penyusunan pedoman pendakian bersih sampah tersebut tengah digodok.

Ujang menjelaskan, penyusunan pedoman tersebut sangat penting untuk mendorong masyarakat terutama pegiat kegiatan mendaki gunung untuk lebih peduli terhadap permasalahan sampah di gunung.

“Semua orang sudah mulai concern masalah sampah. Karena sampah ini sekarang bukan hanya masalah di perkotaan, tapi juga di sungai, laut, dan gunung. Berdasarkan laporan dari banyaknya masalah sampah di gunung, kami berpikir bahwa ini saatnya kami harus mulai menyusun pedoman, bagaimana membuat pendakian itu sampahnya bisa dikelola. Kalau bisa, tidak membawa sampah saat mendaki,” tuturnya ketika membuka acara Workshop Pendakian Gunung Bersih Sampah di Kantor KLHK, Jakarta, Rabu, (29/03/2017).

Melalui penyusunan pedoman pendakian yang bersih sampah, menurut dia, diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendaki untuk mengubah perilaku mereka saat mendaki. Terutama perilaku dalam memperlakukan sampah.

Sebelumnya pihaknya sudah lebih dulu membuat pedoman untuk kegiatan yang bersih sampah (less waste event). Nantinya, menurut dia, pedoman-pedoman yang telah disusun tersebut akan ditindaklanjuti lebih jauh dengan dilegalkan dalam bentuk peraturan menteri, dan lainnya.

“Pekerjaan kami kedepan, akan lebih banyak membuat pedoman-pedoman. Nanti dari gunung, akan ada pedoman juga untuk di sungai, pantai, danau, dan lainnya. Cita-cita kami, pedoman yang akan dikeluarkan ini bisa dipakai oleh semua orang. Menjadi acuan dalam berkegiatan di alam bebas. Mudah-mudahan bisa cepat kita gulirkan, tahun ini targetnya segera kami keluarkan,” pungkasnya.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment