Ruang Server Korslet, Gedung Fateta IPB Terbakar

Kabarsmart.com, Bogor – Kebakaran yang melahap dua ruangan di Gedung Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat diduga berasal dari wing ‘C’ ruang server internet yang mengalami korsleting listrik.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Kerja Sama dan Pengembangan Fateta IPB Slamet Budijanto mengatakan, kebakaran bermula munculnya kepulan asap keluar dari ruang server sekira pukul 11.45 WIB. Beberapa mahasiswa dan dosen IPB di sekitar lokasi langsung melakukan aksi tanggap darurat dengan mendobrak pintu yang terkunci dan memecahkan kaca.

“Saya sampaikan apresiasi yang kepada mahasiswa IPB. Merekalah yang pertama memadamkan api. Kalau dari awal tanpa mahasiswa, saya yakin api bisa menyambar lantai 3 (laboratorium yang penuh dengan bahan kimia),” katanya, Rabu (29/3/2017).

Mahasiswa terus mengguyurkan air dengan peralatan seadanya sehingga api bisa ditekan. Dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang pertama kali ke lokasi berhasil memadamkan api.

“Siapa yang pertama kali lihat, saya tidak tahu. Dari dalam ruangan kerja, saya mendengar teriakan ‘asap-asap’. Kebetulan ruangan saya berada dalam satu wing dan beda empat ruangan dari lokasi. Kebakaran kemungkinan besar karena arus pendek, karena ruang server banyak barang elektronik. Tidak ada korban jiwa hanya kerugian sekitar Rp2 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto sudah memberikan arahan agar satu wing C2 listriknya dimatikan. Setelah clean, wing yang lainnya bisa dinyalakan satu per satu termasuk lantai yang di atas ruang server.

“Untuk hari ini aktivitas perkuliahan sedikit terganggu karena tidak berani hidupkan listrik. Untuk hari ini yang wing C dimatikan, wing yang lain di hidupkan. Berikutnya untuk lantai 4,3,2 akan di hidupkan. Insya Allahbesok perkuliahan sudah kembali lancar,” ujar Herry.

Sekadar diketahui, ruang server Fateta adalah ruang tempat core switchdan distribution switch menghubungkan Fateta dan fakultas-fakultas lainnya.

Sehingga, jaringan internet Fateta serta fakultas-fakultas lainnya seperti Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) terputus. Hingga saat ini, pihak IPB masih melakukan identifikasi terhadap peralatan-peralatan yang dibutuhkan agar internet segera pulih kembali.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment