Soal USBN Bocor Via Whatsapp, Pelaku Harus Diberikan Ganjaran Berat

Kabarsmart.com, Makassar – Naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SMA/SMK di Sulawesi Selatan bocor. Sejumlah materi soal USBN tersebut seperti mata pelajaran Sosiologi, Sejarah, PPKn, dan sejumlah mata pelajaran lainnya.

Soal USBN tersebut tersebar dalam format pdf melalui aplikasi WhatsApp. Diduga kebocoran soal USBN ini, dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk membantu peserta ujian lulus.

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi E DPRD Sulsel, Endre Lantara mengatakan kebocoran ini harus mendapat perhatian serius dari pihak Kementerian maupun Dinas Pendidikan.

“Berharap diusut secara tuntas dan oknum pelaku pembocor soal ini di berikan ganjaran yang berat,” ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis (23/03/2017).

Menurutnya, jika ada laporan terjadi di Sulsel, pihaknya akan meminta klarifikasi ke Dinas Pendidikan selaku penanggung jawab.

“USBN ini kewenangan sekolah, soal disusun oleh guru mata pelajaran yang tergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP),” tambah Endre.

 

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment