Mahasiswa Dari Tiga PTN di Makassar Mendapat Beasiswa Dari Bank Indonesia

Kabarsmart.com, Makassar – Sebanyak 90 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi negeri (PTN) Makassar mendapat bantuan beasiswa dari Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan. Ketiga universitas tersebut di antaranya Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kepala BI Sulawesi Selatan, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, BI telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk 90 mahasiswa yang mendapat beasiswa BI. Beasiswa tersebut diberikan secara bertahap.

“Penyerahan itu kami berikan secara bertahap, per bulannya untuk setiap mahasiswa diberikan Rp 750 ribu dan Rp 1,2 juta untuk dua jenis kategori beasiswa,” tpada uturnya penyerahan beasiswa secara simbolis di Hotel Horison, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (12/03/2017).

Ada dua kategori beasiswa yang disalurkan BI yaitu kategori beasiswa berprestasi dan beasiswa unggulan. Wiwiek juga menyebutkan, khusus untuk UIN dan UNM beasiswa yang diterima para mahasiswa yaitu beasiswa berprestasi dan unggulan.

Sementara, untuk Unhas beasiswa yang diberi yaitu berupa beasiswa unggulan. Untuk beasiswa berprestasi akan mendapat Rp 750 ribu per bulan, dan untuk beasiswa unggulan akan diberikan Rp 1,2 juta per bulan.

“Jadi di sini untuk UIN dan UNM masing masing ada 40 mahasiswa yang menerima beasiswa berprestasi dan unggulan, sementara Unhas ada 10 mahasiswa yang mendapat beasiswa unggulan dari BI,” jelas Wiwiek.

Bagi mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa BI, secara resmi akan tergabung dalam anggota Generasi Baru Bank Indonesia (GenBI). GenBI sendiri adalah perkumpulan para mahasiswa yang sudah meraih beasiswa BI

Adapun beberapa syarat penerima beasiswa BI ini kata Wiwiek sudah dilakukan sejak 12 tahun. Untuk persyaratan penerima beasiswa BI mahasiswa harus memiliki nilai TOEFL minimal skor 500, dan IPK minimal 3,0.

Tak hanya itu, untuk menerima beasiswa unggulan dari BI, mahasiswa harus memiliki surat rekomendasi dari pihak kampus. Hal ini lanjut Wiwiek, untuk menghindari adanya beasiswa lain yang sudah diterima mahasiswa.

Pada penyerahan beasiswa ini dilakukan pula penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU) bersama tiga PTN tersebut yang masing-masing diwakili impinan kampus.

-MT-

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment