Dana BOS Akan Direalisasikan Akhir Maret Ini

Kabarsmart.com, Riau – Pemerintah pusat telah memberikan kabar bahwa kepastian pencairan dana BOS bakal direalisasikan sebelum akhir Maret 2017.

Kabar gembira itupun langsung disambut baik oleh para pengurus sekolah. Hal itu disampaikan Manajer Pengelolaan dana dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang juga Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdik Pekanbaru, Darisman kepada Riau Pos kemarin (20/3/2017).

Dia menyebutkan jika terus berkoordinasi serta mengikuti perkembangan terkait pencairan dana BOS. Seperti diketahui pencairan dana bantuan pemerintah pusat untuk triwulan 1 di tahun 2017.

“Triwulan 1 itu Januari, Febuari dan Maret. Sekarang tanggal 20 Maret. Mudah mudahan menjelang akhir bulan keluar,” tutur Darisman kepada Riau Pos kemarin.

Penyaluran dana BOS yang belum cair terjadi untuk sekolah tingkat SD dan SMP. Distribusi penyaluran dana BOS ini dari pemerintah pusat melalui pemerintah Propinsi Riau dan selanjutnya akan di transfer melalui rekening sekolah.

Selain itu sekolah punya tanggungjawab untuk membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ). Kepala sekolah wajib melaporkan LPj penggunaan dana BOS triwulan sebelumnya jika ingin mendapatan rekomendasi pencairan dana BOS.

“Disdik Pekanbaru juga punya kewenangan untuk mengawasi penggunaan dan BOS. Makanya mulai tahun 2017 kepala sekolah diminta untuk menyerahkan LPjnya. Yang belum menyerahkan tidak bisa cair,” kata Darisman.

Selain itu Darisman juga melanjutkan, meski sepenuhnya penggunaan dana BOS menjadi kewenangan kepala sekolah. Tetapi penggunaan dana BOS harus tetap sesuai dengan ketentuan. Untuk itu perlu pengawasan pemakaian dana itu. Pencairan dana BOS berdasarkan dengan jumlah siswa. Untuk siswa SD sebesar Rp800 ribu per siswa dan siswa SMP sebesar Rp1 juta.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment