Ini Dia 4 Negara Yang Menjadi Sekutu Korea Utara

Kabarsmart.com – Meski kerap membuat dunia geram sekaligus was-was dengan program nuklir yang dijalankannya, bukan berarti Korea Utara tidak memiliki teman.

Tak dipungkiri jika negara pimpinan Kim Jong-un itu paling dibenci terutama dunia barat. Namun, Korut ternyata juga memiliki sahabat karib yang hubungannya telah terjalin harmonis.

Korut punya hubungan bilateral yang cukup baik dengan empat negara yang dinilai masih sepaham dengan mereka. Berikut empat negara berpengaruh yang menjadi sahabat karib yang mesra bagi Korut sebegaimana dilansir dari boombastis.com.

Rusia

Rusia bisa dibilang sahabat paling mesra dari Korea Utara. Setahun lalu, kedua negara bahkan mendeklarasikan “a year freindship” yang digelar sangat meriah. Kedua negara sepakat meningkatkan hubungan diplomasi, bisnis, dan kontrak budaya.

Kemesraan hubungan kedua negara ini juga ditandai oleh pengurangan utang Korut sebesar 10 miliar dolar dan penanaman modal sebesar 20 miliar dolar di sektor infrastruktur.

Bulgaria

Sekutu Korut lainnya di dataran Eropa ialah Bulgaria. Kedua negara juga memiliki hubungan sangat baik yang secara perdana diresmikan pada tahun 1948 silam.

Di tahun 1970 terjadi persetujuan budaya dan juga ilmu pengetahuan antar kedua negara. Di era Kim Il-sung menjabat ia sering menyambangi Bulgaria.

Meski paham komunis telah runtuh di Eropa bagian timur, hubungan kedua negara masih terjalin sangat baik. Uniknya, Korut sengaja membentuk Departemen Bahasa Bulgarian demi menghormati hubungan bilateral dengan Bulgaria.

Kuba

Hubungan Korut dan Kuba sudah terjalin sangat baik sejak tahun 1960. Kuba malah banyak meniru beberapa hal dari Korut untuk kemudian diterapkan di negaranya.

Ya, kesamaan ideologi komunis membuat kedua negara berteman sangat akrab. Pemimpin kharismatik Kuba, Fidel Castro pernah berkunjung ke Korut pada tahun 1986 untuk kian mempererat hubungan kedua negara.

Tiongkok

Meski saat ini tengah dilanda percekcokan, Tiongkok pernah menjadi saahabat karib dari Korut. Bahkan Tiongkok adalah salah satu pendukung Korut saat berseteru dengan Amerika Serikat (AS).

Negeri Tirai Bambu banyak memberi bantuan kepada Korut di masa lalu. Hubungan keduanya kini tengah merenggang menyusul langkah Korut yang begitu ngotot mengembangkan program senjata nuklir secara masif. Tiongkok telah melayangkan protesnya kepada Korut namun sama sekali tak digubris.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment