Puluhan Massa di Jayapura Gelar Unjuk Rasa Usulkan Pemungutan Suara Ulang

Kabarsmart.com, Papua – Puluhan massa yang terdiri dari pendukung calon Bupati Jayapura nomor urut 1, nomor 3, nomor 4 dan nomor 5 melakukan aksi protes untuk menuntut calon pertahana nomor urut 2 Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro (MARIO) agar digugurkan dari tahapan Pilkada 2017.

Rombongan massa ini mendatangi Kantor Sentra Pelayanan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang berada di Jalan Hawaii Sentani pada Kamis (23/02/2017) pagi dengan membawa sejumlah spanduk bernada protes.

Mereka menuntut supaya paslon MARIO segera digugurkan karena dianggap melakukan politik uang dalam proses pemilihan 15 Februari lalu. Massa juga menilai MARIO telah melakukan beberapa pelanggaran lain yang melanggar peraturan dari KPU.

Pelanggaran yang mereka maksud itu antara lain paslon MARIO dituding melakukan mobilisasi massa dari luar Kabupaten Jayapura untuk ikut mencoblos demi kemenangan paslon MARIO. Kemudian massa mengklaim menemukan seribu lebih KPPS di 17 distrik di Kabupaten Jayapura yang tidak sah atau ilegal.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, massa berharap Gakkumdu dapat menindaklanjuti segala bentuk dugaan pelanggaran yang dilakukan pada proses Pilkada Jayapura. Mereka menganggap paslon nomor urut 2 MARIO sebagai perampok hak demokrasi.

Dan hasil akhir dari tuntutan massa ini yaitu mereka meminta kepada KPU untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) menyeluruh di 19 distrik Kabupaten Jayapura. PSU ini diminta hanya boleh diikuti empat paslon tanpa menyertakan paslon MARIO di dalamnya.

Pada Pilkada lalu, hasil perolehan suara di Kabupaten Jayapura menunjukan paslon MARIO unggul jauh meninggalkan empat pesaingnya. MARIO menggapai angka 55 persen suara yang membuat dirinya berpeluang menang satu puratan.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment