Hitung Cepat KPU, Anies – Sandi Unggul Di Pilkada DKI

Kabarsmart.com, Jakarta – Pasangan pilkada DKI Anies-Sandiaga sementara unggul berdasarkan input data sementara pada sistem informasi penghitungan suara (Situng) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh KPU.

Dari alamat situs https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t1/dki_jakarta pada Rabu (15/2/2017) pukul 19.25 diketahui bahwa perolehan suara sementara pasangan Agus-Sylvi baru 13,87 persen (3.106 suara).

Sedangkan perolehan suara pasangan Ahok-Djarot 35,95 persen (8.052 suara), dan pasangan Anies-Sandiaga 50,19 persen (11.241 suara).

Proses input data sistem informasi penghitungan suara (Situng) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh KPU DKI Jakarta hingga kini masih terus berlangsung di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Faisal selaku Kepala Sub Bagian Program dan Data, KPU DKI Jakarta mengatakan bahwa proses input data sudah dimulai sejak pukul 16.00 dan akan ditunggu paling lambat pukul 19.00 WIB.

“Terkecuali untuk daerah Kepulauan Seribu dan beberapa TPS yang ada masalah dalam penghitungan suara,” tuturnya di Auditorium Binakarna, Rabu (15/2).

Faisal menambahkan bahwa data yang dibawa ke ruang input data itu adalah data C1-KWK yang berisi resume hasil penghitungan suara di tingkat TPS.

“Sampai saat ini baru sekitar 60-an TPS dari 13 ribuan lebih TPS se-provinsi DKI Jakarta yang sudah masuk datanya,” imbuhnya.

Menurut penuturan Faisal, saat ini belum semua data dari TPS masuk dalam proses input. Data yang paling banyak masuk adalah dari TPS di wilayah Jakarta Selatan, karena lokasi input data kebetulan berada di wilayah Jakarta Selatan.

Data tersebut disampaikan oleh para petugas PPS maupun PPK. Data dari formulir C1-KWK itu kemudian di-scanning, untuk kemudian dilakukan input data secara manual.

Jika kemudian ditemukan ketidakcocokan data di formulir C1-KWK itu, maka petugas input data akan mengkonfirmasikan kepada petugas PPS bersangkutan.

“Bisa saja data di formulir C1-KWK yang sampai kemari itu salah, kami akan konfirmasikan lebih dulu ke PPS setempat sebelum data itu di input,” terang Faisal.

Pada pukul 19.25 itu, dari 2.973 TPS di Jakarta Selatan, baru 60 TPS yang sudah di input data. Sementara dari wilayah lain, seperti Jakarta Barat (2.934 TPS), Jakarta Pusat (1.237 TPS), Jakarta Timur (3.787 TPS), Jakarta Utara (2.150 TPS), dan Kepulauan Seribu (40 TPS), belum ada satupun data yang ditampilkan di situs https://pilkada2017.kpu.go.id itu.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment